Slide 1

SMA 3 Bantul beranjangsana di TVRI Jogja.
Tanggal: 2014-05-31, Oleh: SMA 3 Bantul
Dalam acara spesial ini, TVRI Jogja mengundang SMA 3 Bantul untuk beranjangsana. Kalau anda pernah mBaca selengkapnya...

Slide 1

Lustrum SMA N 3 Bantul
Tanggal: 2014-05-31, Oleh: SMA 3 Bantul
Lustrum SMA N 3 Bantul selalu diadakan acara yang bervariasi dan kreatif. Baca selengkapnya...

Slide 1

Belajar Bersama di Arofah
Tanggal: 2014-05-31, Oleh: SMA 3 Bantul
Para siswa yang bermanasik haji telah menyelesaikan pelajaran ini.  Baca selengkapnya...

Slide 1

Dimas Diajeng
Tanggal: 2014-05-31, Oleh: SMA 3 Bantul
Setiap April, kami selalu mengadakan kegiatan untuk para peserta didik berupa kegiatan berbusanBaca selengkapnya...

Slide 1

Manasik Haji
Tanggal: 2014-05-31, Oleh: SMA 3 Bantul
Kegiatan manasik haji ini rutin kami lakukan setiap tahun untuk meningkatkan iman dan takwa, selain Baca selengkapnya...

Slide 1

PPDB Tahun 2014
Tanggal: 2014-06-27, Oleh: SMA 3 Bantul
A. INFORMASI UMUM   1. Baca selengkapnya...

Sistem Kredit Semester dalam Kurikulum 2013


Konsep Sistem Kredit Semester (SKS) Menurut Kurikulum 2013

Berdasarkan Lampiran IV Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor  81A  Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013 mengenai pedoman umum pembelajaran disebutkan bahwa konsep Sistem Kredit Semester  (SKS) adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran pada SKS dinyatakan dalam satuan kredit semester (sks). Beban belajar 1 (satu) sksmeliputi satu jam pembelajaran tatap muka, satu jam penugasan terstruktur, dan satu jam kegiatan mandiri. 

Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Sistem SKS Menurut Kurikulum 2013

Prinsip-prinsip yang digunakan dalam penyelenggaraan SKS di SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK mengacu pada hal-hal berikut. 

  1. Siswa dapat menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang akan mereka ikuti di tiap semester sehingga diharapkan akan dapat menyesuaikan dengan kemampuan, bakat, dan minat mereka masing-masing.
  2. Siswa dengan kemampuan dan kemauan yang tinggi akan dapat mempercepat waktu penyelesaian studinya dibanding periode belajar yang telah ditentukan tetapi dalam hal ini tetap harus memperhatikan ketuntasan belajar mereka.
  3. Siswa akan terdorong untuk memberdayakan diri mereka masing-masing dalam proses belajar secara mandiri.
  4. Siswa boleh memilih dan mengatur strategi belajar secara lebih fleksibel.
  5. Siswa akan mempunyai kesempatan dalam menentukan kelompok peminatan, lintas minat, dan pendalaman minat, serta mata pelajaran sesuai dengan potensi mereka masing-masing.
  6. Siswa boleh berpindah ke sekolah lain yang sejenis dan telah menggunakan SKS dan semua kredit yang telah diambil dapat dipindahkan ke sekolah yang baru (transfer kredit).
  7. Sekolah harus menyediakan sumber daya pendidikan yang lebih memadai baik secara teknis maupun secara administratif.
  8. Penjadwalan kegiatan pembelajaran diusahakan sedemikian rupa agar dapat memberikan pemenuhan kebutuhan pada pengembangan potensi siswa baik dalam pengetahuan, sikap, ataupun keterampilan.
  9. Guru memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan akademik siswa sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat mereka masing-masing.

Persyaratan Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) Menurut Kurikulum 2013

Tidak semua sekolah boleh menyelenggarakan sistem kredit semester. Sistem ini hanya dibolehkan pada sekolah-sekolah yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi oleh sekolah jika ingin menggunakan sistem kredit semester (SKS):

  1. Satuan pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK yang terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dapat menyelenggarakan SKS.
  2. Penyelenggaraan SKS pada setiap satuan pendidikan dilakukan dengan tetap mempertimbangkan ketuntasan minimal dalam pencapaian setiap kompetensi.

 

Pihak-Pihak Yang Terlibat dalam Pelaksanaan Sistem Kredit Semester pada Kurikulum 2013

Dalam rangka mensukseskan penerapan SKS (sistem kredit semester) maka harus diatur hal-hal sebagai berikut: 

  1. Pusat Kurikulum dan Perbukuan membuat model-model penyelenggaraan SKS bagi satuan pendidikan.
  2. Direktorat teknis persekolahan membuat dan melaksanakan program pembinaan penerapan SKS di lapangan sehingga sesuai dengan karakteristik pada masing-masing satuan pendidikan.
  3. Dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota membuat dan melaksanakan program koordinasi dan supervisi dalam penerapan SKS di setiap satuan pendidikan di wilayah kewenangannya masing-masing.

 

Mekanisme Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester pada Kurikulum 2013

Penyelenggaraan   SKS   di   setiap   satuan   pendidikan   SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK harus dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan, kelayakan, dan ketersediaan sumberdaya pendidikan bagi keberlangsungan penyelenggaraan sistem kredit semester (SKS) secara optimal. Kepala satuan pendidikan memberikan informasi-informasi terlebih dahulu (sosialisasi) pada semua anggota komunitas sekolah dalam hal ini guru, tenaga kependidikan, dan orang tua sebelum dpat melaksanakan sistem kredit semester (SKS) ini di satuan pendidikannya.

 

By ipung, 

sumber : http://penelitiantindakankelas.blogspot.co.id

  • PURNA SISWA / WISUDA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
    Kategori: Agenda Sekolah  Komentar : 0

    Purna Siswa / Wisuda Kelas XII Tahun Ajaran 2015 / 2016 SMA Negeri 3 Bantul yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, 07 Mei 2016 ,yang dihadiri Oleh Bapak Dewan Sekolah,Kepala Sekolah,Guru,Karyawan,serta Wali Murid dan Siswa Kelas XII.Alhamdulilah Tahun ini 172 Siswa dinyatakan  LULUS 100 %.38 Siswa Lolos SNMPTN ,serta Prestasi Prestasi yang lainnya.Selain acara ini sebagai ajang silaturahmi serta pencapaian Kesuksesan Siswa Siswi Kelas XII dalam UN . Serta sebagai langka...Baca selengkapnya...


  • Study banding ke SMAN 1 Malang
    Kategori: Informasi Sekolah  Komentar : 0

    Study banding yang dilakukan oleh para guru dan karyawan SMAN 3 Bantul dari tanggal 22/4/2016 sampai dengan 24/4/2016, memperoleh banyak tambahan ilmu dan pengetahuan dalam rangka manajemen sekolah. Diharapkan apa yang bisa dan baik untuk diterapkan di SMAN 3 Bantul bisa diaplikasikan dengan maksimal. Studi banding yang diikuti sekitar 54 guru dan karyawan termasuk Bpk Kepala sekolah Drs Endah Hardjanto MPd, dan dari Dewan sekolah diwakili oleh Drs H Sri Murdowardoyo juga diharapkan dapat memper...Baca selengkapnya...


  • UAS Semester Gasal pada tanggal 2015-11-30
    Tempat : SMAN3 BANTUL
    Keterangan : Ujian akhir semester berlangsung tgl 30/11/2015 sd 8/12/2015
  • Porseni PGRI pada tanggal 2015-11-15
    Tempat : SMAN3 BANTUL
    Keterangan : Pelaksanaan Porseni PGRI dalam rangka ulang tahu PGRI ke 70, Propinsi DIY
  • Pengambilan Ijazah dan SKHUN pada tanggal 2014-07-07
    Tempat : SMA Negeri 3 Bantul
    Keterangan : Syarat yang harus dipenuhi siswa sebelum memperoleh Ijazah dan SKHUN: >> Sudah mengumpulkan foto kopi rapor >> Sudah memperoleh kartu bebas perpustakaan. Untuk info lebih lanjut, silahkan datang langsung ke SMA Negeri 3 Bantul.
  • PERESMIAN BANGUNAN TINGKAT KABUPATEN OLEH BUPATI B pada tanggal 2014-06-24
    Tempat : SMA NEGERI 3 BANTUL
    Keterangan : PERESMIAN BANGUNAN BANGUNAN DI SEKOLAH-SEKOLAH MAUPUN PERKANTORAN YANG MERUPAKAN PROYEK DARI KABUPATEN. AKAN DIHADIRI BUPATI BANTUL DAN ROMBONGAN
SMA N 3 Bantul

PPDB SMA NEGERI 3 BANTUL 2015

INFORMASI PPDB TAHUN 2015

  1. INFORMASI UMUM
    1. Daya tampung                   : 160 siswa
    2. Rentang nilai tahun lalu       : 30.95 – 35.85
    3. Jadwal PPDB

Selanjutnya....

Diterbitkan pada: 2015-06-15

Oleh: SMA 3 Bantul

Galeri Terbaru

Highslide JS

Highslide JS

Highslide JS

Highslide JS